10 CARA BAGAIMANA MENGATASI SMARTPHONE/HP ANDROID LEMOT ,BIAR BIKIN KENCENG LAGI

Smartphone Android lemot kadang paling sering bikin emosi. Ya nggak sih? Di saat anda selalu bergantung pada penggunaan Smartphone Android, rasanya kesal juga ya kalau kinerjanya makin lambat alias lemot. Sebenarnya banyak sekali faktor penyebab penurunan performa dari Smartphone Android. Selain masalah spesifikasi tiap smartphone, cara anda sebagai pengguna smartphone juga berpengaruh loh. Jadi, bagaimana ya cara untuk mengatasi Smartphone Android lemot?

Setelah menggunakan Smartphone Android bertahun-tahun, biasanya terjadi penurunan performa dari ponsel pintar tersebut. Selain kinerja baterai yang mulai menurun, Smartphone Android lemot pasti juga terjadi. Kalau gadget kesayangan anda tersebut sudah mulai lemot, rasanya bikin emosi saja ya!

Performa Smartphone Android yang menjadi lambat bukan semata-mata terjadi karena usia smartphone. Cara anda menggunakan dan merawat smartphone juga punya peran besar membuat Android lemot. Ingatlah bahwa sebuah Smartphone Android juga pastinya punya kapasitas berbeda-beda dan sudah sewajarnya anda sesuaikan kebutuhanmu menurut kapasitas tersebut.

Lalu, apakah anda harus langsung membeli smartphone keluaran terbaru ketika mendapati Smartphone Android lemot? Hal ini tidak sepenuhnya benar loh. Ada baiknya anda cek kembali smartphone milikmu, jangan-jangan salama ini penyebab Smartphone Android anda melambat karena cara pemakaiannya yang kurang tepat.

Berikut ini ada beberapa penjelasan singkat mengenai Smartphone Android lemot yang bisa menambah wawasanmu seputar smartphone. Pelajari juga cara sederhana untuk menjaga agar Smartphone Android anda tidak tambah lemot meski bertahun-tahun digunakan. Simak ya!

Penyebab Smartphone Android Lemot


Smartphone Android lemot memang kerap dikeluhkan siapa pun. Saat performa smartphone menurun drastis, otomatis banyak hal yang kerap tertunda akibat kerja smartphone melambat. anda pasti emosi ketika smartphone anda butuh waktu agak lama dalam membuka aplikasi. Belum lagi jika anda tidak bisa menikmati galeri foto dan video karena lemot.

Mulai sekarang, jangan melulu marah. Coba pahami dulu apa saja si penyebab Smartphone Android lemot? Benarkah selama ini anda sudah menggunakan ponsel pintar anda dengan bijak?
Smartphone Android Lemot Disebabkan oleh Aplikasi yang Terpasang Tidak Sesuai dengan Kapasitas Penyimpanan

Sebelum anda terlalu impulsif memasang berbagai aplikasi di Smartphone Android, coba periksa kembali kapasitas penyimpanannya. Sebagian besar orang biasanya kurang peduli pada memori penyimpanan dan langsung memasang banyak aplikasi. Padahal, belum tentu semua aplikasi yang dipasang itu rutin dipakai.

Aplikasi-aplikasi yang hanya menumpuk dan jarang sekali dipakai menyedot memori penyimpanan. Kalau dibiarkan terlalu lama, pasti membuat Smartphone Android lemot. Oleh sebab itu, anda harus cukup bijak dalam menghitung untuk menentukan aplikasi apa saja yang harus disimpan. Ingat, tiap Smartphone Android punya RAM dan CPU dengan kemampuan yang berbeda-beda.
Memori Internal Dipaksa untuk Selalu Penuh

Kecepatan memori internal akan menurun seiring semakin banyaknya file yang anda simpan di sana. Entah itu aplikasi, foto, video, atau file yang tidak pernah anda hapus meski sudah bertahun-tahun. Memori internal yang semakin penuh ini pastinya jadi biang keladi utama Smartphone Android lemot, apalagi jika sudah bertahun-tahun.

Untuk itu, ada baiknya anda memanfaatkan penggunaan memori eksternal untuk menyimpan data di luar aplikasimu. Misalnya, foto atau video. Saat memori eksternal anda penuh, anda dapat menggantinya dengan yang baru. Jadi, memori internal anda lebih aman karena tidak terpakai untuk banyak hal sekaligus.
Kinerja Baterai yang Menurun Bisa Juga Membuat Smartphone Android Lemot

Baterai juga berperan dalam menurunnya performa Smartphone Android. anda biasanya mulai merasakan tanda-tanda baterai bocor setelah dua hingga tiga tahun penggunaan smartphone. Secara tidak langsung, hal ini bisa membuat Smartphone Android lemot.

Baterai yang sudah lama dipakai memengaruhi pemrosesan program dan memori smartphone secara keseluruhan. Oleh sebab itu, penting juga bagi anda untuk ikut merawat daya tahan baterai dengan tidak membiarkannya di-charge terlalu lama. Jangan pula membiarkan Smartphone Android anda benar-benar mati baru di-charge ya!
RAM dan Memori Flash Storage Mengalami Degradasi

RAM dan memori flash storage juga bisa mengalami penurunan layaknya baterai. Penyebabnya antara lain adanya aktivitas penulisan dan penghapusan data yang ternyata dapat mengurangi performanya. Efeknya, potensi Smartphone Android lambat pun semakin besar.
Smartphone Android Lemot karena Update Sistem Operasi Tidak Sesuai Kebutuhan

Melakukan update sistem operasi memang penting untuk anda lakukan karena sering kali update semacam ini dapat memengaruhi peningkatan kinerja. Namun, ada juga update sistem operasi yang memakan space tersendiri di memori internal. Nah, hal inilah yang patut anda pertimbangkan.

Kalau Smartphone Android yang anda miliki punya memori dan RAM rendah, rasanya update sistem operasi tidak harus dilakukan. Memaksakan diri untuk update sistem operasi tanpa sesuai kebutuhan hanya membuat Smartphone Android lemot. Jika anda ingin tetap update sistem operasi terbaru sementara smartphone anda tak mendukung, mungkin inilah saatnya anda ganti smartphone saja.
Cara Mengatasi Smartphone Android Jadi Lemot

Setelah mengetahui penyebab Smartphone Android lemot, maka sekarang waktunya anda untuk mengantisipasinya. Berikut ada beberapa cara singkat yang dapat anda lakukan. Wajib dicermati dan dicoba bagi anda pengguna Smartphone Android, baik yang sudah lama maupun yang baru.
1. Smartphone Android Lemot Kalau anda Mengabaikan Jumlah Memori
Perhatikan kembali spesifikasi memori smartphone yang anda pakai. Jangan hanya berpatok pada RAM semata ya, tetapi cek juga berapa memori internal yang masih tersisa. Kebanyakan Smartphone Android lemot disebabkan oleh penggunanya yang kurang peka alias mengabaikan jumlah memori internal yang masih tersisa.

Sebelum Smartphone Android menjadi lemot, hindari penyimpanan data berlebihan di memori internal. Kalau perlu, hapus data-data lama yang sudah bertahun-tahun tersimpan di memori internal. Saat memori internal mulai penuh pindahlah sebagian besar data ke memori eksternal atau laptop. Hal sederhana ini dapat mengantisipasi Smartphone Android lemot terjadi.
2. Gunakan Satu Aplikasi Antivirus Saja


Sangat wajar kalau anda ingin memberikan proteksi terbaik pada smartphone dengan memasang aplikasi antivirus. Namun, penting juga untuk lebih bijak dalam menggunakan satu aplikasi antivirus saja. Perlu anda tahu bahwa aplikasi antivirus selalu berjalan dan pastinya menyedot memori serta RAM. Bisa anda bayangkan kan, apa jadinya kalau terlalu banyak aplikasi antivirus di smartphone anda?

Semakin banyak aplikasi antivirus yang berjalan, maka RAM menjadi boros sehingga Smartphone Android jadi lemot. Jadi, alangkah lebih baik kalau anda cukup memasang satu aplikasi antivirus di smartphone daripada harus mengalami kejadian Smartphone Android lemot.
3. Selalu Update Software Tidak Akan Membuat Smartphone Android Lemot


Apabila anda menerima notifikasi untuk memperbaharui software, anda bisa langsung lakukan update sesuai instruksi. Biasanya pembaharuan dari sistem operasi dapat meningkatkan kinerja smartphone secara signifikan. Singkatnya, masalah yang dibawa dari sistem sebelumnya dapat diatasi lebih baik.

Namun, lagi-lagi anda harus perhatikan kapasitas memori internal anda ya. Smartphone Android lemot dapat terjadi karena sistem operasi ter-update tidak sanggup dipenuhi oleh memori internal smartphone anda. Selain itu, perhatikan pula untuk selalu update aplikasi yang sering anda gunakan agar kinerja smartphone tidak menurun akibat penggunaan aplikasi lama.
4. Hapus Aplikasi-Aplikasi yang Jarang anda Pakai


Semakin banyak aplikasi yang muncul di Play Store, semakin tinggi pula rasa ingin tahu anda untuk memasangnya di smartphone. Hati-hati, sikap impulsif memasang banyak aplikasi tanpa melihat kebutuhan dapat membuat Smartphone Android lemot. Coba saja cek aplikasi yang sudah terpasang sekarang di smartphone anda, benarkah semuanya rutin anda pakai?

Ruang penyimpanan Smartphone Android anda dapat tersita oleh aplikasi-aplikasi yang jarang anda gunakan tersebut. Akibatnya, performa Android akan turun. Hapus segera aplikasi-aplikasi yang kurang penting untuk mencegah Smartphone Android lemot.
5. Smartphone Android Tidak Akan Lemot Kalau anda Rajin Lakukan Clear Cache


Cache adalah tempat untuk menyimpan data sementara dari aplikasi yang sedang atau pernah anda gunakan. Dengan fungsi tersebut, anda dapat dengan mudah membuka aplikasi yang sebelumnya digunakan. Sayangnya, cache yang menumpuk bukanlah hal yang baik karena dapat membuat Smartphone Android lemot.

Untuk itu, anda harus rutin membersihkan cache di setiap aplikasi yang pernah anda gunakan. Kebiasaan sederhana ini kadang malas dilakukan banyak orang, padahal manfaatnya sangat besar. Demi terhindar dari Smartphone Android lemot, mulai sekarang biasakan deh rajin clear cache.
6. Penggunaan Widget yang Tak Penting,hapus aja

Menggunakan widget pada smartphone memang terbukti dapat mempercantik tampilan ponsel pintarmu. Oleh sebab itu, widget menjadi hal yang cukup banyak disukai pengguna Android. Namun, siapa sangka penggunaan widget terlalu banyak dapat membuat Smartphone Android lemot.

Widget-widget yang anda pakai dapat menyita konsumsi RAM cukup besar sehingga kinerja smartphone melambat alias menimbulkan Smartphone Android lemot. Oleh sebab itu, pastikan widget yang anda pakai hanya yang penting saja. Misalnya, cukup jam dan cuaca saja.
7. Pasang aja Aplikasi Serba Guna agar Tidak Tambah Lemot

Daripada terlalu banyak memasang aplikasi yang jarang digunakan, lebih baik gunakan space memori yang ada untuk memasang aplikasi serba guna. Kalau antivirus bisa mendeteksi keberadaan virus atau malware, maka aplikasi serba guna berfungsi mengindikasikan hal-hal yang membuat Smartphone Android lemot.

Salah satu aplikasi yang cukup banyak dipakai adalah Clean Master. Aplikasi ini dapat mendeteksi dan meredakan suhu panas, menghapus data-data lama yang menumpuk, dan menghentikan kerja beberapa aplikasi yang menurunkan kinerja RAM. Cocok banget kan buat solusi Smartphone Android lemot!
8. Smartphone Android Lemot karena Terlalu Banyak Auto Sync


Cara untuk menghentikan Smartphone Android lemot salah satunya adalah mematikan fitur auto sync di smartphone anda. Coba cek, pasti banyak kan aplikasi yang anda pakai dengan fitur ini. Mulai dari media sosial hingga chatting.

Mematikan fitur ini cukup bermanfaat untuk mengatasi Smartphone Android lemot. Hanya saja, nantinya anda akan sedikit kerepotan ketika harus membuka beberapa aplikasi secara manual. Mungkin anda perlu coba cara ini untuk melihat kinerja Smartphone Android-mu terlebih dahulu.
9. Gunakanlah Fitur Auto Kill

Semakin banyak aplikasi yang anda buka dan pakai, maka semakin banyak daftar aplikasi aktif di recent apps. Aplikasi yang masih berjalan di recent apps ternyata bisa juga membuat RAM semakin sesak dan penuh sehingga Smartphone Android lemot. Nah, anda sering mengalami ini nggak?

Gunakan fitur auto kill untuk menghindari hal ini terjadi di smartphone anda. Fitur ini berfungsi untuk membuat aplikasi tidak berjalan di background sehingga Smartphone Android lemot pun dapat terhindarkan.
10. Smartphone Android Lemot Dapat Diatasi dengan Melakukan Factory Reset/reset data pabrik


Terakhir, gunakan fitur factory reset untuk mengatasi Smartphone Android lemot. Meski smartphone anda sedang tidak bermasalah, melakukan factory reset secara berkala ternyata penting juga. Rutinitas ini dapat membersihkan semua hal yang bertumpuk di Smartphone Android anda setelah sekian lama. Jadi, Smartphone Android lemot pun tidak akan hadir kalau anda mencoba rutin melakukan factory reset.

Wah, ternyata Smartphone Android lemot itu penyebabnya cukup banyak ya. Dari pembahasan tadi, kebanyakan masalah utamanya adalah cara kita menggunakan Smartphone Android kita. Poin pentingnya adalah kita harus lebih peka dan peduli pada kapasitas smartphone kita sendiri. Kalau tidak mau mendapati Smartphone Android lemot, ya mau tidak mau harus menggunakannya sesuai kebutuhan.

Penggunaan Smartphone Android secara bijak dapat membantu menjaga performa dari ponsel pintar tersebut. Kalau pun kebutuhan anda akan smartphone semakin meningkat, ada baiknya juga anda pilih smartphone baru yang spesifikasinya sesuai dengan kebutuhanmu tadi. Smartphone Android lemot jangan sampai bikin emosi, tetapi coba cari tahu dulu masalahnya. Selamat mencoba!


0 Response to "10 CARA BAGAIMANA MENGATASI SMARTPHONE/HP ANDROID LEMOT ,BIAR BIKIN KENCENG LAGI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel