BAGAIMANA CARA MENGATASI HP ANDROID ANDA YANG TERASA LEMOT

bagaimana cara mengatasi hp yang lemot
Sedih rasanya jika punya hp tapi kierjanya terasa lemot.rasanya pengin ngebanting aja.tapi sayang ya.Harganya mahal. Heheheheh...Ketika sudah cukup lama digunakan, Hp menjadi lemot dan berat. Padahal sudah banyak aplikasi yang saya hapus. Lalu solusinya gimana ya agar Hp tetap terasa ringan dipakai seperti waktu masih baru.
Memang perlu di ketahui hp setelah lama digunakan, Hp bisa jadi akan terasa lebih lambat dibandingkan saat pertama kali digunakan. Ini biasanya karena seiring waktu, data di Hp kita senantiasa bertambah, baik dari semakin banyaknya aplikasi maupun data yang diisikan di dalamnya.

Walau sejumlah aplikasi dihapus, tidak serta merta data 'bekas' aplikasi juga terhapus. Ini tergantung sekali dengan bagaimana aplikasi tersebut dibuat developer. Sisa data ini sering disebut sampah, dan aplikasi yang dihapus sering meninggalkan banyak broken link, yang walau sudah tidak digunakan, tetap dibaca oleh prosesor.

Terkadang juga ada aplikasi yang tidak bersih. soalnya, di belakang ia menginstall lagi aplikasi-aplikasi lain, dan terkadang malware, yang jalan terus-menerus walau tidak lagi digunakan dan membebani kinerja SoC dan memakan RAM. Ini termasuk juga aplikasi-aplikasi yang kita instal tetapi menuntut untuk terus selalu di-loading di awal, kayak launcher terus widgets-widgets lain yang begitu menarik.


Memang sekarang ini Hp-Hp baru berjanji untuk lebih aware akan hal ini dan membuat UI yang lebih baik, seperti Samsung dan Huawei yang berjanji walau dipakai lama, kinerja Hp mereka tidak akan kendor.

Tipsnya Cara paling mudah mengatasi Hp yang mulai melambat, secara berkala gunakan aplikasi pembersih sampah, kebanyakan para vendor sudah memberikannya sebagai aplikasi bagian dari OS, seperti Device Care di Samsung, iManager di Vivo, dan lain sebagainya. Cukup sekali tekan untuk optimalisasi, akan membuang sisa-sisa sampah.

hapus aja aplikasi yang ngak pernah di pakai –kebanyakan kesalahan dari  pengguna hp suka koleksi aplikasi di hp mereka,padahal aplikasi tersebut ngak pernah di pakai sama sekali,jadi cara yang terbaik adalah hapus semua aplikasi yang tidak pernah di gunakan di hp android anda sekarang,dengan begitu cpu,ram dan internenal memori akan memiliki ruang atau space lebih banyak ,sehingga hp android anda tidak mudah lemot.

matikan semua fitur auto run / auto start pada aplikasi yang sudah terinstall atau terpasang pada hp android,sekedar perlu di ketahui  ketika hp di hidupkan banyak aplikasi yang kita install berjalan di balik layar.kayak facebook,game dll,sehingga ngak usah heran deh tiba-tiba muncul notifikasi game atau fb,padahal fb tersebut belum jugs kita buka.

Karena Hal ini terjadi  fitur auto run atau keep awake pada app permision atau akses aplikasi di allow / di berikan akses,
auto run(berjalan) membuat hp kita terasa lemot ,meski kita hanya membuka 1 aplikasi saja,karena banyaknya aplikasi berjalan di balik layar.

oleh karena itu saya sarankan untuk mempercepat hp android salah satu caranya adalah mematikan fitur auto run / auto start pada semua aplikasi android yang terpasang di hp android anda,kecuali aplikasi Chat dan aplikasi media sosial.

Kalau memang Hpnya tidak ada aplikasi bawaan ini, bisa coba aja anda menginstall aplikasi cleaner sejenis di Play Store. Cara lain yang bisa anda coba adalah dengan masuk ke bootloader (yang caranya bisa di-googling untuk masing-masing Hp) dan hapus cache.

Kalau tetap aja  lambat,lemot, memang cara terakhir ini adalah factory reset. Yang jelas  sekarang ini factory reset dan instal ulang bukan pekerjaan yang sulit lagi. Pastikan supaya kita sudah mengaktifkan backup misal ke Google atau ke cloud vendor. Foto-foto dan video juga pastikan sudah ter-backup di cloud, atau backup ke memory card atau hard drive.

Kemudian anda lakukan factory reset. Kalau sudah mulai lagi, anda bisa minta kembalikan data-data dari cloud tersebut tanpa harus menginstal lagi aplikasi satu per satu. muah bukan cara mengatasi hp yang lemot.

0 Response to "BAGAIMANA CARA MENGATASI HP ANDROID ANDA YANG TERASA LEMOT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel